Implementasi Transaksi Akuntansi dengan Odoo 12

#MuhammadAkbarRafsanjhani #1806186686 #UIERP2 #UniversitasIndonesiaFasilkom #ERP #Odoo #DrIrAgungTerminantoMBA

Halo! Kembali lagi di medium ini! Pada artikel ini, kita akan melakukan Implementasi transaksi dengan beberapa modul yang sebelumnya telah kita bahas dan pelajari. Terdapat video dokumentasi lengkap mengenai eksplorasi ini.

The Requirements.

Dalam eksplorasi ini, ada beberapa hal yang harus disiapkan. Kebetulan saya akan mengerjakan soal ujian praktik kejuruan akuntansi tahun 2013 sebagai contoh implementasi akuntansi menggunakan Odoo 12.

The Datas.

Sesuai dengan soal yang diberikan, saya menggunakan 5 master data yang telah disusun rapi dalam excel. Berikut screenshots yang akan saya lampirkan.

Chart of Accounts

Begining Balance

Partners

Inventory

Inventory Adjustment

Master data ini akan diimport dengan langkah persis seperti yang dilakukan pada saat tutorial import master data seperti yang telah saya bahas di artikel sebelumnya. Teman-teman bisa cek di link ini!

Adapun tampilan pada COA yang sudah diimport database:

Untuk contoh master data dan beberapa input lainnya, dapat dilihat melalui video berikut.

The Obstacles.

Terdapat beberapa obstacles yang terjadi pada saat saya melakukan import master data. Ada yang penyelesaiannya mirip dengan artikel import master data, ada juga yang tidak. Misalnya, inventory validation.

Hingga saat ini, saya belum mendapatkan solusi untuk memecahkannya. Inventory validation ini merupakan langkah yang sangat krusial, dimana kita harus memvalidasi keadan stock awal inventory kita sebelum menjalankan transaksi. Tetapi, hal tersebut belum bisa saya selesaikan, bahkan setelah berdiskusi dengan asdos dan teman-teman mahasiswa lainnya.

Tetapi, akhirnya asdos memberikan saran bahwa saya boleh melakukan transaksi tanpa perlu melakukan inventory validation. Sehingga, di video ini saya melakukan transaksi dengan mengurutkan berdasarkan tipe-tipe nya.

Adapun urutan yang akan saya lakukan yaitu:

Purchase Order > Sales Order > Random transactions

Sehingga, saya berhasil menyelesaikan 15 transaksi sesuai dengan yang diminta oleh soal. Berikut video implementasi transaksi akuntansi menggunakan Odoo.

Part 1:

Part 2:

The Output.

Setelah melaksanakan implementasi, saya dapat menggenerate laporan keuangan sesuai dengan yang diminta, yaitu Balance Sheet dan Profit Loss. Dalam menampilkan Cash Flow, saya menggunakan model trial balance. Hal ini dikarenakan Cash Flow berbayar hanya bisa digunakan untuk Odoo enterprise, yang artinya saya harus membayar untuk dapat menggunakan fitur tersebut.

Pada kasus ini, terjadi kesalahan yang diakibatkan nama type dari pengeluaran maupun pemasukan yang ada di soal tidak sinkron dengan default type yang ada di software Odoo. Berikut contoh type yang tidak sesuai.

Hal ini sangat berpengaruh terhadap hasil dari laporan, sehingga hasil laporan terlihat kosong seolah-olah tidak terjadi transaksi, seperti pada gambar berikut.

Tetapi hal tersebut saya sadari dan akhirnya saya mengganti satu-persatu tipe dari masing-masing chart of accounts yang ada pada database Odoo saya. Sehingga, setelah diganti, baik laporan keuangan Balance Sheets, Profit and Loss, serta Cash Flow dapat menampilkan laporan sesuai yang diharapkan. Berikut hasil dari ketiga laporan.

Balance Sheets

Profit and Loss

Trial Balance

The Conclusions.

Dalam melakukan eksplorasi ini, saya sangat sering mengalami kendala-kendala error yang sulit untuk diketahui. Beberapa error yang terlihat oleh saya dapat saya trace dan solve, tetapi ada juga yang belum bisa terpecahkan. Dari sini saya mengambil pelajaran bahwa sebenarnya kita perlu lebih dalam lagi dalam melakukan eksplorasi, tidak cukup satu sampai dua jam. Apalagi ketika kita hendak menggunakan Odoo ini sebagai software ERP pada perusahaan tempat kita bekerja. Alangkah baiknya untuk menyiapkan Odoo ini sedemikian rupa serta menggunakan software Odoo terbaru agar tidak muncul error-error yang tidak diharapkan. Semoga pengalaman implementasi ini bisa bermanfaat bagi saya, anda, dan orang-orang lainnya. Terima kasih!

Thanks For Reading!

Follow my medium for more articles.

Also, if you want to browse for other content, here are my Social Media😁:

Linkedin

YouTube

Instagram

Muhammad Akbar Rafsanjhani — 1806186686

Usualize the Unusualize

Usualize the Unusualize